Berita

LKPP Adakan Bimbingan Teknis e-Purchasing dan e-Katalog


Dibuat pada 17 Apr 2018 oleh Aina Isnaini


 160x dilihat

Berita

Jakarta – Hari ini (16/04) Tim katalog elektronik adakan bimbingan teknis penggunaan katalog elektronik di Gedung LKPP. Kegiatan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 16 April hingga 28 Mei 2018 ini dibuka untuk penyedia maupun instansi pemerintah.

Bimbingan teknis yang memiliki dua sesi dalam pelaksanaannya, dimulai dengan pemaparan akan panduan cara menggunakan Katalog Nasional, pemahaman e-Purchasing, serta penjelasan fungsi – fungsi fitur pilihan pada aplikasi katalog.

Bimbingan teknis yang disampaikan langsung oleh staff IT Katalog elektronik, Amanda, mendapatkan tanggapan yang positif oleh para penyedia yang mengikuti kegiatan tersebut. Dimana penyedia tidak hanya mendapatkan panduan secara langsung, namun diisi juga dengan tanya jawab mengenai isu yang dihadapi penyedia dalam penggunaannya.

Pada sesi kedua, dilanjutkan dengan informasi pemaparan akan kebijakan dalam penggunaan e-Katalog dan e-Purchasing. Dalam materi kebijakan yang disampaikan, menjelaskan secara garis besar pengadaan barang dan jasa, prosedur pelaksanaan e-Purchasing, hingga informasi terbaru akan Peraturan Presiden No.16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah yang akan mulai diberlakukan sejak 1 Juli 2018.

Pada informasi yang diutarakan oleh Ajeng Kushaeryeni, memaparkan perbedaan e-Purchasing pada peraturan presiden terdahulu dengan Peraturan Presiden yang baru. Dengan informasi ini, diharapkan baik para penyedia maupun Satuan Kerja bisa mengenal proses kebijakan baru yang diterapkan, seperti pelaksanaan e-Purchasing dengan nilai paling sedikit di atas Rp200.000.000,00 hingga nilai tak terhingga, hanya dapat dilakukan olek PPK. Sedangkan PP hanya dapat melaksanakan e-Purchasing yang bernilai paling banyak Rp200.000.000,00.

Melalui bimbingan teknis yang diadakan, diharapkan dapat memperjelas serta menyatukan pemahaman penyedia atau instansi dalam penggunaan katalog sebagai aplikasi pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Kegiatan yang rencananya akan terus digelar hingga 28 mei ini, masih membuka kesempatan bagi para penyedia maupun instansi lainnya yang ingin mengikuti bimbingan teknis terkait penggunaan katalog.


Sebelumnya       Selanjutnya