Forum

Total Post :

Posted 13 January 2018 13:56:39 pm


PEMERINTAH Kota Bandung bekerja bersama dengan Instansi Kebijakan Pengadaan Barang serta Jasa Pemerintah (LKPP) untuk membuat e-katalog lokal. Hal itu diikuti dengan penandatanganan Nota Kesepahaman pada Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil dengan Kepala LKPP RI Agus Prabowo di Hotel Novotel Bandung, Senin 18 Desember 2017.

E-Katalog adalah inovasi LKPP berbentuk portal katalog product service barang serta jasa yang dapat dibuka dengan daring. Agus Prabowo menerangkan, e-katalog berperan seperti toko daring (on-line shop) untuk pemerintah.

Sekarang ini, pemerintah sudah mempunyai e-katalog nasional. Di dalamnya sudah disiarkan sejumlah lebih kurang 90. 000 product service barang serta jasa yang dapat dibuka beragam instansi pemerintah, baik daerah ataupun pusat. Kesempatan ini, LKPP juga akan buat e-katalog lokal untuk mewakilkan pengadaan di daerah. Sudah ada tiga daerah yang buat e-katalog lokal, yaitu DKI Jakarta, Kota Semarang, serta Kota Yogyakarta.

Inovasi e-katalog ini pergi dari amanat Presiden RI Joko Widodo untuk merubah alur pengadaan jadi lebih efisien serta efektif. Menurut Agus, e-katalog daerah ini begitu perlu karna juga akan merevolusi jenis pengadaan serta pasarkan beberapa produk daerah.

Satu diantara prinsip pengadaan yang termaktub didalam amanat itu yaitu value for money. “Cara paling baik untuk menerjemahkan value for money yaitu dengan mengintervensi pasar, atau mengubahkan pasar ke system kita, ” tambah Agus.

Sebelumnya ada e-katalog, lanjutnya, alur pengadaan barang serta jasa dilangsungkan lewat lelang. Langkah tersebut dipandang terbaik dalam sistem pengadaan barang serta jasa.

“Secara hukum benar, namun menurut aturan pasar belum juga pasti. Lelang sering menjebak kita pada penyedia yang paling murah, namun belum juga pasti paling baik, ” tuturnya. Diluar itu, sistem lelang sering menelan saat yang lama.

Agus menuturkan, ada dua karakter e-katalog daerah. Pertama, komoditas lokal. Pemerintah kota juga akan dapat memakai beberapa produk lokal yang telah tampil di e-katalog. Hal semacam ini juga akan mengefisiensi cost pengiriman. Ke-2, product lokal untuk di pasarkan nasional. Berarti, pemerintah daerah beda dapat memakai product dari Kota Bandung. Hal tersebut pasti juga akan begitu mungkin untuk beberapa entrepreneur lokal untuk dapat mengekspansi pasar ke semua Nusantara.

Beberapa entrepreneur dapat mendaftarkan product mereka supaya dapat disiarkan di e-katalog daerah. Tetapi, product itu sudah pasti mesti lewat rangkaian seleksi untuk meyakinkan kwalitas barang serta jasa yang di pasarkan.

“Prosesnya tidak rumit namun butuh legalitas, perusahaannya mesti teratur ijin, pajak-pajak dsb. Produknya juga product yang legal, barang yang telah lulus semuanya kriteria. Jadi harga nya telah diverifikasi oleh tim dari ULP (Unit Service Pengadaan, saat ini Balap-red) Kota Bandung, ” tutur Agus.

Potensi e-katalog

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil yaitu satu diantara kepala daerah yang begitu sepakat dengan terdapatnya e-katalog. Ia telah rasakan segera faedah e-katalog dalam sistem pengadaan. Terkecuali sistem yang cepat karna tidaklah perlu lelang, juga efisien dengan pembiayaan.

Di bagian beda, e-katalog juga menanggung kwalitas barang serta jasa yang di tawarkan. Disamping itu dalam sistem lelang, menurut Ridwan, ada kesempatan untuk kontraktor untuk memajukan harga semurah-murahnya tetapi tidak pedulikan kwalitas hingga orang-orang yang jadi korbannya.

“E-katalog menanggung barang berkualitas. Akan tidak ada masalah titipan atau telepon-telepon yang mengganggu petugas pengadaan, ” tutur Ridwan.

Untuk Ridwan, e-katalog ini adalah jawaban atas prinsip penghematan serta harga hp lava efisiensi biaya yang dikerjakan pemerintah. “Ini bila dapat berjalan ke banyak masalah, uangnya irit, sistem cepat tidak ada tidak berhasil lelang versus manual hingga dapat kita belanjakan ke barang yang semakin banyak, ” tuturnya.

Ia juga yakin kalau beberapa produk yang telah disiarkan di katalog sudah lewat uji kualitas yang begitu selektif. “Untuk masuk ke e-katalog saja akhirnya rumit, tidak dapat asal-asalan barang KW dsb. Harga telah terbaik, jadi kita tinggal milih seperti berbelanja on-line, ” katanya.

Sekarang ini, Pemerintah Kota Bandung tengah mempersiapkan Sumber Daya Manusia serta infrastruktur e-katalog daerh. sudah ada tiga type product yang siap untuk disiarkan pemerintah kota yaitu jasa keamanan, jasa kebersihan, serta jasa perawatan jalan. Potensi product beda yang dapat ditambahkan pemerintah kota diantaranya beberapa produk seperti furniture serta material bangunan.

" Seperti mebel, sebagian perlengkapan kebiasaan, suplai aspal, paving blok, batu, yang daerah sini kan lebih murah di banding saya lelangkan ditempat beda, " pungkas Ridwan.


Showing : 1 Records